AL KAROMI

  Sanggar seni dan budaya (SSB) Al-karomi merupakan suatu Lembaga Semi Otonom (LSO) yang berada dibawah naungan jurusan pendidikan sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Berdiri pada tanggal 12 November 1992 yang disahkan pada kegiatan Laylah-Arabiyah  1992 di Gedung Auditorium IKIP Malang, SSB Al-karomi menjadi Lembaga Semi Otonom (LSO) yang bergerak di bidang kesenian yang mewadahi mahasiswa pecinta seni, baik dari segi seni yang masih bersinggungan dengan jurusan maupun seni yang diluar jurusan. Adapun visi-misi dari SSB Al-karomi sebagai berikut :

Visi

 Menghidupkan jiwa seni pada mahasiswa sastra Arab dengan berkarya dan melestarikan keterampilan seni budaya di luar akademik. Menghidupkan seni berorganisasi yang baik dengan organisasi sanggar seni.

Misi

  • Melahirkan karya-karya edukatif di lingkungan mahasiswa
  • Memunculkan eksistensi mahasiswa dalam bidang seni diluar akademik
  • Memberikan karya terbaik dari para seniman
  • Memberi media mahasiswa pecinta seni untuk meluapkan emosi seni dalam sebuah karya
  • Melahirkan karya yang menghibur bagi masyarakat

  Setiap tahunnya SSB Al-Karomi memproduksi pementasan baik itu drama, puisi, musik dan sebagainya. Khusus untuk acara milik HMJ Sastra Arab yang bertajuk Laylah Arabiyah, SSB Al-Karomi menampilkan pertunjukan menggunakan Bahasa Arab. Namun juga ada produksi pementasan yang berbahasa indonesia seperti Pentas Studi dan  Pentas Aplikasi anggota baru.

  SSB Al-Karomi sering disebut juga dengan Teater Al-Karomi karena memang banyak memproduksi pementasan drama, namun nama yang resmi adalah Sanggar Seni dan Budaya Al-Karomi karena SSB Al-Karomi tidak hanya di teater saja. Rutinitas kegiatan SSB Al-Karomi tidak jauh dari seni yang menyebabkan terciptanya suatu rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang sangat erat bahkan hingga detik ini, dan tetap bersemangat untuk terus berkarya.

MANABIR

  Manabir ( Majlis Al-Munadzarah Al-‘Arabiyyah ) adalah wadah pengembangan skill bahasa Arab mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) khususnya Sastra Arab, seperti :

  • Mewadahi mahasiswa yang menghadapi kesulitan dalam berbicara dengan bahasa Arab.
  • Mewadahi mahasiswa yang ingin melatih bahasa dan mentalnya saat berbicara di depan umum (public speaking).
  • Mewadahi mahasiswa yang ingin mengenal, mendalami, dan bahkan menguasai seni berdebat bahasa Arab yang baik dan benar.
  • Mewadahi mahasiswa yang ingin mengembangkan skill kebahasaannya (istima’, kalam, qira’ah, dan kitabah) lewat seni debat bahasa Arab. 
  • Membimbing dan mendampingi mahasiswa yang hendak mengikuti kompetisi debat bahasa Arab, di tingkat regional, nasional, dan internasional. 
  • Menjadi fasilitator antara mahasiswa dan Universitas dalam menyiapkan delegasi perlombaan bahasa Arab.

  Kedudukan Manabir sendiri yaitu sebagai Lembaga Semi Otonom (LSO) independen, artinya tidak berafiliasi secara resmi pada lembaga atau unsur struktural formal lainnya, seperti HMJ atau bahkan jurusan dikarenakan para pendiri Manabir tidak menghendaki akuisisi Manabir pada siapapun. Tentunya hal tersebut berdasarkan adanya alasan kuat bahwa apabila Manabir diakuisisi oleh lembaga atau struktural lainnya, akan berdampak pada keterikatan baku yang membuat arah dan tujuannya bisa berubah sesuai dengan kepemimpinan dan kepentingan oknum tertentu.

Pewarta : Awalia Sofi Mukharomah – Kominfo HMJ Sastra Arab 2021