HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Sastra Arab merupakan salah satu organisasi yang berada di jurusan Sastra Arab. HMJ Sastra Arab ini berisi beberapa mahasiswa dengan satu orang dosen pembimbing. Dan seperti yang telah diketahui sebelumnya, HMJ atau yang biasa disebut dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan merupakan salah satu organisasi yang termasuk dalam Organisasi Pemerintahan Mahasiswa atau OPM. HMJ bisa juga dikatakan sebagai salah satu organisasi elite yang berada dalam lingkup jurusan. 

Sistem kepengurusan HMJ Sastra Arab yaitu, adanya satu orang dosen pembimbing yang bertugas mendampingi dan mengarahkan kinerja HMJ. Kemudian ada Badan Pengurus Harian atau yang biasa disingkat dengan BPH. BPH ini terdiri dari ketua HMJ, sekretaris 1 dan sekretaris 2, bendahara 1 dan bendahara 2. Selain itu, dalam HMJ Sastra Arab ini terdapat beberapa divisi di mana setiap divisi memiliki seorang Ketua Divisi atau yang biasa disingkat menjadi Kadiv. Untuk saat ini terdapat delapan divisi dalam HMJ Sastra Arab, yaitu Divisi Manajemen Organisasi (MO), Divisi Kerohanian, Divisi Penalaran, Divisi Kominfo, Divisi Hubungan Masyarakat (HUMAS), Divisi Kewirausahaan, Divisi Bakat Minat, Divisi Ekstrakulikuler. Setiap divisi ini memiliki tugas atau program kerja yang berbeda-beda.

HMJ Sastra Arab seringkali mengadakan kegiatan yang sangat-sangat bermanfaat, beberapa di antaranya adalah Khaimah Arabiyah (Kemah Bahasa Arab) yang merupakan diklat pengurus baru HMJ Sastra Arab. Selain itu, kegiatan-kegiatan bergengsi lainnya yang diadakan oleh HMJ Sastra Arab yaitu, Semnasbama (Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa), seminar ini mengundang pemateri dari luar negeri, seperti Arab Saudi, Jordan, dan beberapa negara Arab lainnya. Seminar ini juga diikuti oleh banyak peserta dari luar negeri. Selain Semnasbama, ada juga kegiatan yang bernama Konferensi Nasional Bahasa Arab atau yang biasa disebut dengan Konasbara. Konasbara ini juga menghadirkan pemateri dari Arab Saudi dan juga dihadiri oleh peserta dari berbagai negara. Kemudian ada juga kegiatan yang bernama Mahrajan Araby, Pekan Arabi, Pesona Ta’aruf Araby atau yang biasa disebut dengan PETA, Khidmah Mujtamaiyyah lil Ummah atau biasa disebut dengan HAMAMAH, dan masih banyak kegiatan yang lainnya. 

Seperti yang telah kita ketahui, mengikuti sebuah organisasi akan memberikan banyak sekali manfaat bagi diri kita. Begitu juga ketika kita memilih untuk bergabung dalam HMJ. Beberapa manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita bergabung dalam HMJ, yaitu meningkatnya jumlah relasi yang kita miliki, bahkan kita bisa mengenal mahasiswa dari jurusan lain, karena tidak jarang HMJ dari berbagai jurusan mengadakan satu kegiatan yang sama. Manfaat lainnya yang akan kita rasakan yaitu meningkatnya kemampuan kita dalam memanajemen waktu, karena tentu saja HMJ memiliki banyak sekali program kerja dan agenda yang harus diselesaikan sejalan dengan kegiatan akademik yang juga menuntut untuk dikerjakan. Selain itu, dengan aktif berorganisasi, apalagi jika kita aktif dalam organisasi sekelas HMJ, akan memudahkan kita jika akan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, maupun ketika kita mencari pekerjaan, dan terjun ke masyarakat. Dan masih banyak sekali manfaat yang akan kita rasakan jika kita bergabung dalam HMJ, baik manfaat secara langsung maupun tidak langsung.

Banyak sekali mahasiswa yang beranggapan jika terlalu sibuk berorganisasi, maka kegiatan akademik akan terbengkalai. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena HMJ Sastra Arab berkomitmen untuk menciptakan dan menghasilkan generasi yang unggul dan kompeten di bidangnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya banyak mahasiswa Sastra Arab yang meraih banyak sekali prestasi. Beberapa di antara mahasiswa berprestasi tersebut pernah atau sedang menjabat sebagai anggota HMJ. Prestasi-prestasi yang diraih pun tidak hanya dalam bidang yang berhubungan dengan bahasa Arab saja, dan beberapa prestasi tersebut tidak hanya berskala nasional saja. 

Pewarta : Rofiqotul Maulidan Nafdhilah – Kominfo HMJ Sastra Arab 2021