Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Arab atau disingkat dengan HMJ Sastra arab adalah salah satu dari 5 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang ada di Fakultas Sastra di bawah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan dalam pengawasan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas sastra Universitas Negeri malang. HMJ Sastra Arab berdiri sejak Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang didirikan.

Himpunan ini pertama kali dibentuk dengan tujuan sebagai sarana pengembangan diri mahasiswa Jurusan Sastra Arab ke arah perluasan wawasan dan peningkatan intelektualitas, serta integritas pribadi dalam menyikapi persoalan kampus, masyarakat, dan negara. Dengan demikian, HMJ memiliki peran yang sangat besar dalam merancang, melaksanakan, dan mengoordinasikan kegiatan ekstrakurikuler agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi seluruh mahasiswa.

Selama beberapa tahun sejak berdirinya, HMJ Sastra Arab mulai mengadakan kegiatan atau event yang diadakan setiap tahunnya. Seperti Mahrojan Arabi yaitu event bagi mahasiswa JSA UM untuk berkompetisi di bidang Bahasa Arab.yang pertama kali diadakan pada tahun 2007, lalu kegiatan Semnasbama yaitu Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa yang pertama kali diadakan pada tahun 2017. Juga ada Khaimah Arabiyah, Pekan Araby, dan HAMAMAH yang diadakan setiap tahunnya.

Sejak himpunan ini didirikan, Mahasiswa Jurusan sastra Arab banyak mengalami perkembangan dan juga kemajuan dalam berbagai bidang seperti akademis, kemampuan berorganisasi, serta bakat minat mereka. Banyak dari anggota HMJ Sastra Arab yang meraih prestasi menjuarai berbagai kompetisi di bidang Bahasa Arab, seperti debat Bahasa Arab, pidato Bahasa Arab, olimpiade nahwu shorof, dll. Karena dengan adanya HMJ Sastra Arab  ini semua mahasiswa Jurusan Sastra Arab bisa menyalurkan dan mengembangkan berbagai bakat dan minat mereka dengan baik dan juga tepat sasaran.

Pewarta : Saniyyah Salsabila – Kominfo HMJ Sasrab 21